Manfaat Belajar Seni

Ada beberapa jenis seni yang bisa kita pelajari di dunia ini. Beberapa jenis seni tersebut bisa memberikan manfaat ketika kita mempelajarinya. Terlepas dari jenis-jenis seni tersebut, beberapa manfaat belajar seni diantaranya :

  • Sebagai Media HiburanMempelajari seni dapat memberikan manfaat sebagai hiburan atau rekreasi. Seni yang dibuat dengan indah dapat memberikan daya tarik tersendiri untuk menghibur banyak orang. Setiap jenis seni dapat memberikan hiburan dengan cara tersendiri.Salah satu contohnya adalah ketika pergi ke musuem seni rupa. Museum mempunyai beberapa karya seni rupa yang dipajang dalam bentuk 2 dimensi maupun 3 dimensi. Ketika pengunjung memasuki museum, maka pengunjung tersebut akan mengalami perubahan emosi sesuai dengan karya yang mereka lihat.

    Lagu juga menjadi salah satu cara untuk menghibur banyak orang. Beberapa lagu bersifat ceria dapat menghibur pendengar yang merasa sedih. Lagu yang bersifat dinamis pun juga dapat membantu semangat seseorang bertambah.

  • Sebagai Media PendidikanManfaat belajar seni selanjutnya adalah untuk kepentingan pendidikan dalam kehidupan sosial. Seni dapat dijadikan media untuk pembelajaran dengan cara memberikan petunjuk atau informasi yang dibutuhkan sebagai bantuan. Pendidikan ini tidak terbatas hanya untuk profesional, tapi juga bahkan menjangkau kalangan umum.Salah satu contohnya adalah lagu-lagu yang dijadikan alat pemebalajaran untuk anak kecil. Lagu tersebut membahas bagaimana cara untuk mengeja alphabet, menghitung, berbicara, dan lainnya. Contoh lagu lainnya adalah lagu untuk mempelajari tabel unsur periodik pada pelajaran kimia. Lagu sangat membantu untuk pembelajaran karena otak kita lebih respon terhadap musik daripada membaca dengan biasa.

    Contoh lainnya adalah menggunakan ilustrasi sebagai media pembelajaran. Tidak jarang jaman sekarang ini media menggunakan ilustrasi sebagai petunjuk informasi. Beberapa komik di Indonesia ada yang mengajari mengenai agama dan kehidupan.

  • Sebagai Media KomunikasiManfaat belajar seni lainnya adalah menggunakan seni tersebut menjadi media komunikasi. Pepatah bahasa Inggris ada yang menyebutkan “A picture is worth a thousand words” (sebuah gambar dapat mencerminkan seribu kata). Contohnya adalah sebuah gambar yang mengisahkan mengenai perbedaan yang terjadi seperti miskin dan kaya, penggundulan hutan liar, dan lain-lain.Selain menyampaikan kritik, seni juga dapat menyampaikan isi hati sebagai komunikasi. Biasanya jenis seni yang digunakan untuk kasus ini adalah dengan menggunakan seni musik. Lagu yang bertemakan cinta sangat populer di Indonesia, tidak sedikit yang liriknya merupakan komunikasi tersirat dengan tujuan tertentu.

    Karya tersebut kemudian dapat dilihat oleh banyak orang di seluruh dunia melalui media sosial dimana pelukis tersebut membagikan karyanya. Banyak orang yang memiliki kesamaan visi kemudian berkomunikasi melewati karya mereka dan saling memberi apresiasi.

  • Sebagai Kebutuhan EmosionalManfaat belajar seni yang pertama untuk individu atau perorangan adalah memenuhi kebutuhan emosional. Mempelajari seni dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi penciptanya dan juga penikmatnya. Menjadi lebih apresiasif dan melatih diri untuk merasakan emosional merupakan manfaat yang dapat dirasakan dari belejar seni. Sebagai contohnya seseorang yang sedang sedih dapat menghibur dirinya dengan melihat keindahan lukisan.Berbagai cara lain dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan emosional ini. Emosi tidak hanya terbatas pada kegembiraan saja tapi meliputi emosi lainnya seperti kesedihan, kegelisahan, kemarahan, ketakutan, dan lain-lain. Selain untuk mendapatkan emosi, mempelajari seni juga dapat memberikan kekuatan untuk mengekspresikan emosi tersebut. Mencapai kepuasan tersendiri bisa didapatkan dengan mengekspresikan emosi yang dirasakan menjadi sebuah seni seperti lukisan, musik, seni rupa, dan lain-lain.
  • Sebagai Kebutuhan FisikManfaat belajar seni untuk individu selain dapat memenuhi kebutuhan emosional, juga dapat memenuhi kebutuhan fisik. Kedua hal tersebut saling berhubungan antara emosional dan fisik, hasil yang diberikan emosi dapat mempengaruhi fisik seseorang. Menurut sejarah, musik dipercaya sebagai salah satu metode penyembuhan dari sejak dahulu kala. Musik terbukti dapat mempengaruhi saraf sensorik dan motorik yang dimiliki manusia.Contoh manfaat lain dari kebutuhan fisik adalah sebagai alat-alat yang digunakan setiap hari. Mempelajari seni rupa dapat membuat seseorang berkarya untuk menghasil kan alat-alat yang diperlukan dalam kebutuhan sehari-hari. Beberapa contoh adalah sebagai desain busana dan aksesoris yang memberikan kenyamanan dan nilai guna tersendiri. Manfaat belajar seni untuk kebutuhan fisik juga bisa didapatkan dalam seni tari. Tarian yang dibuat dengan berbagai gerakan membuat tubuh menjadi lebih aktif dan sehat.
  • Meningkatkan KreatifitasAnak-anak mempunyai imajinasi yang luar biasa. Imajinasi tersebut dapat dikembangkan untuk kedepannya menjadi lebih baik lagi dengan cara belajar seni. Kreatif tidak hanya terbatas dalam menggambar, tapi juga bisa dalam membuat seni rupa tiga dimensi (3D). Contohnya adalah seperti patung tanah liat, gerakan tarian, membuat karangan indah, dan lain-lain.Cara pengembangan seni ini bisa dilakukan dengan cara membina anak untuk melihat betapa luasnya dunia seni. Membawa ke museum dan menjelaskan mengenai seni, datang ke konser piano dan menarik minatnya terhadap musik, dan lain-lain. Membina yang dijelaskan tidak untuk menuntut, tapi dengan membiarkan anak-anak untuk berimajinasi bebas dengan bimbingan orang dewasa. Kesalahan umum yang sering dilakukan pendidikan seni adalah tidak membiarkan anak-anak berekspresi dan menuntut “seni” yang diajarkan.
  • Pola Fikir yang lebih DewasaPola pikir yang dewasa dapat dibangun dari sejak masa dini dan bisa dibimbing dengan menggunakan seni. Anak-anak pada umumnya tidak mau menerima saran atau nasehat dari orangtua karena mereka tidak mengerti. Melalui rasa penasaran anak-anak terhadap seni, membuat mereka mendengar saran lebih baik.
  • Sikap SolidaritasBeberapa karya seni harus dilakukan secara berkelompok, sehingga diperlukan solidaritas. Contoh kegiatan yang dilakukan secara berkelompok adalah menari, memainkan musik, membuat prakarya, dan juga menggambar. Anak-anak yang bekerja kelompok mengerjakan karya seni akan berkolaborasi dengan satu sama lain sehingga menciptakan sebuah kreatifitas baru.
  • Menimbulkan Karakter yg pantang MenyerahManfaat belajar seni juga untuk membangun karakter tidak mudah menyerah. Anak-anak yang belajar seni, dengan dorongan yang tepat, ingin membuat karya seninya lebih baik lagi kedepannya. Belajar seni pada umumnya dapat dilakukan dengan dua cara yaitu otodidak dan dengan bimbingan. Bagi anak-anak mungkin lebih baik dilakukan dengan bimbingan, karena pada awalnya anak-anak dapat pindah haluan dengan cepat.
  • Belajar untuk Mengapresiasi sebuah KaryaHal terpenting dari manfaat belajar seni untuk anak-anak adalah memupuk apresiasi terhadap karya. Belajar menghargai karya orang lain harus dilakukan sejak awal, karena apresiasi tersebut akan sangat berharga bagi penciptanya. Cara mengajarkan apresiasi adalah dengan cara membawanya ke tempat yang berwawasan seni dan mengajarkannya seni. Melalui pembinaan yang dilakukan, anak-anak akan mengerti betapa indah dan dalamnya dunia seni, sehingga bisa menghargai karya dengan lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *